28 Des 2010

Sel Punca ( Induk )

Sebenarnya apa sel punca itu ? untuk definisi sel,silahkan baca di postingan ini....
sel punca , sel induk ,sel batang merupakan sel yang masih belum terdiferensiasikan ( khusus ) atau dapat dikatakan masih umum,sehingga dapat berkembang menjadi banyak jenis sel yang berbeda.
sel punca juga berfungsi sebagai sistem perbaikan untuk sel yang rusak ( faktor usia atau sengaja,hehe) demi kelangsungan hidup suatu organisme.Ketika terbelahnya sel punca,sel yang baru mempunyai potensi untuk tetap menjadi sel punca atau menjadi sel jenis lain yang memiliki fungsi lebih spesifik ( sel otot , sel darah merah atau sel otak ).
sel punca atau stem cell di Indonesia merupakan terbaik se-Asia,para dokter kita menjadi rujukan Asia.Sel punca juga berguna unutk pengobatan luka bakar,Critical Limb Ischaemic ( sering terjadi pada penderita Diabetes ), Acute Miocard Infarct,Osteoarthritis,dan stroke.
Sel punca memiliki dua sifat yang dangat berbeda dengan sel sel jenis lain,antara lain :
  • Sel punca dapat membelah diri walaupun sudah tidak aktif selama waktu yang cukup panjang dan belum memiliki spesialisasi fungsi.
  • ketika keadaan tertentu,sel punca dapat rubah menjadi sel yang memiliki spesifikasi tertentu. sel punca dengan teratur memperbaiki dan membelah kerusakan jaringan pada darah tali pusar dan sumsum tulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar