15 Agt 2011

Struktur Lewis


Selamat datang di postingan Struktur Lewis,sebelum baca artikel ini ,sebaiknya berdoa agar diberikan kemudahan dalam mengerti.semoga bermanfaat.amien

Pada Teori lewis dijelaskan bahwa elektron valensi berperan penting dalam pembentukan ikatan kimia. Ikatan Kimia yang terbentuk karena adanya transfer dan penggunaan elektron secara bersama sebab atom - atom bukan gas mulia cenderung mencapai konfigusi duplet atau oktet ( seperti gas mulia ) dengan cara berikatan dengan unsur yang lain dalam pembentukan molekul.Elektron - elektron yang terlibat dalam ikatan dinyatakan melalui struktur Lewis.
Struktur Lewis suatu atom atau ion yang terdiri atas lambang kimia dikelilingi oleh titik - titik elektron.G.N. mengusulkan untuk menggambarkan hal demikian dengan menggunakan struktur
lewis.Struktur ini sangat berguna untuk menggambarkan ikatan kovalen atau ikatan ion yang dilakukan oleh molekul.

Penulisan struktur Lewis

Langkah-langkah membuat struktur Lewis untuk molekul dengan ikatan kovalen tunggal dan rangkap

1. Tentukan semua atom yang membentuk molekul tersebut. Buat kerangka strukturnya dimana atom pusatnya biasanya adalah atom pertama dalam rumus kimia molekul tersebut. Ambil contoh molekul

F N F

F

2. Tentukan elektron valensi dari atom-atom berdasarkan golongannya pada sistem periodik.

3. Tulis semua elektron valensi atom pusat dengan lambang (•). Letakkan 1 elektron pada sisi di mana terdapat atom lain. Sisanya, letakkan secara berpasangan.












4. Tulis semua elektron valensi atom lainnya dengan lambang (•) sedemikian sehingga mengikuti aturan oktet/duplet atau pengecualian aturan oktet.














5. Periksa jumlah elektron di sekeliling atom pusat, apakah sudah sesuai dengan aturan oktet/duplet. Jika sudah sesuai, ganti setiap pasangan elektrontersebut dengan garis tunggal (ikatan tunggal). Jika belum sesuai, tambahkan pasangan elektron. Apabila terdapat dua pasangan elektron, maka ganti dengan garis rangkap dua (ikatan rangkap dua). Jika terdapat 3 pasangan elektron, ganti dengan garis rangkap tiga (ikatan rangkap tiga).










Atom N memerlukan 8 elektron di sekelilingnya untuk mencapai konfigurasi elektron yang stabil seperti gas mulia. Pada , jumlah elektron ini sudah terpenuhi. Jadi ganti setiap pasangan elektron tersebut dengan garis tunggal (ikatan tunggal).

Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar