3 Des 2011

Gear Manufacturing

Gear Manufacturing
1.       Forming gear teeth
a.       Casting
Casting adalah proses produksi missal yang melibatkan bahan – bahan cair ( seperti logam,plastic atau resin ) yang dituangkan ke dalam cetakan,dituangkan kemudian diambil untuk digunakan.Casting juga bisa digunakan untuk memproduksi kembali  sesuatu.Casting dapat digunakan untuk membuat part  yang komplek yang membutuhkan biaya yang besar atau waktu untuk memproduksi  dibandingkan menggunakan metode lain.Casting dapat menggunakan  “ sand cast “ atau “ die cast “.Keuntungan dalam menggunakan casting adalah rendah biaya karena  gerigi dibuat pada cetakan. Casting tidak melakukan perlakuan finishing  pada gerigi tersebut.Oleh karena itu,gerigi pada gear tersebut menjadi kurang presisi dan hanya bisa digunakan untuk keperluan yang tidak kritis seperti  pada mainan yang tidak terlalu rugi karena adanya suara bising dan “ excessive backlash “.
·         Sand cast cocok dalam untuk membuat gear kualitas rendah  untuk jumlah produksi yang sedikit.Hal ini disebabkan karena biaya pembuatan alat produksi yang murah ,tetapi akurasi dimensi dan permukaan yang tidak baik. Sand casti juga digunakan untuk membuat part yang besar ( tipe besi dan baja tetapi juga perunggu,brasss,alumunium).Sand casting memiliki banyak tipe : green sand casting,resin sand casting dan sodium silicate bonded sand casting.
Beberapa pertimbangan penggunaan beberapa metode sand cast :
Die cast lebih baik dalam permukaan dan akurasi dimensinya daripada sand cast. Pembuatan alat produksinya lebih mahal sehingga cocok untuk jumlah produksi yang banyak.
b. Investment Casting
Investment Casting atau lost – wax casting adalah proses pembentukan logam khusus yang digunakan untuk memproduksi  kualitas yang tingggi ,fungsi dan efektivitas biaya. Investment Casting merupakan proses yang satu pola dipakai untuk memproduksi satu bagian logam.Ketika dipadukan dengan teknologi dan pengetahuan modern, Investment Casting dapat diterapkan untuk memproduksi bagain – bagian yang bervariasi derajat kompleksitas di hamper setiap volume dan aplikasi spektrum seluas mungkin.
Metode ini dapat untuk membuat gear dengan akurasi yang baik dalam variasi yang banyak.Cetakan terbuat dari material refractory sehingga dapat digunakan untuk mecetak pada titik leleh yang tinggi.
Ada tiga jenisa pada Investment Casting,salah satunya adalah Sodium Silicate process investment casting , Colloidal Silica Technology investment casting  dan kombinasi kedua tipe tersebut. Sodium Silicate process investment casting adalah investment casting biaya rendah ,terutama cor baja karbon. Colloidal Silica Technology investment casting adalah investment casting  biaya tinggi tetapi dapat menahan temperature tinggi untuk cor stainless steel dan memiliki toleransi yang sangat ketat dan permukaan akhir yang baik dengan berat yang sangat kecil. Sedangkan kombinasi dari kedua tipe ini,dapat digunakan untuk baja karbon dan stainless stell.
 http://www.castingquality.com/wp-includes/catalog.pdf
c.       Sintering



sintering

Sintering adalah metode menekan powder metals ( PM ) ke cetakan rongga bentuk gear,dikeluarkan dan heat – treated untuk menaikan kekuatannya.Metode ini memiliki akurasi yang sama dengan die cast tetapi property material ini dapat dikontrol dengan mengatur campuran variasi PM.metode ini cocok digunakan untuk gear ukuran kecil seperti mainan,instrument dan small motor driver.
Tiga metode utama untuk membuat bentuk dari sintering yaitu Unpressured Forming ,Cold Pressing, dan Hot Pressing.Unpressed Forming digunakan ketika komponen yang sangat berpori diperlukan dengan menggunakan loose sintering. Powder dituangkan atau bergetar dalam cetakan yang dipanaskan sampai suhu sintering. Bagian sinter menyusut pada proses pendinginan dan bentuk hanya diproses pada proses penyelesaian. Metode lain dari Unpressed Forming termasuk slip and slurry casting. Cold Pressing adalah metode membentuk powder menjadi bentuk yang diinginkan oleh tekanan mekanis atau hidrolik. Tekanan yang digunakan cukup untuk menghasilkan pengelasan dingin butiran powder.Proses menanamkan kekuatan yang cukup untuk powder dapat berikatan bersama sehingga memungkinkan akan ditangani saat proses sintering. Metode lain yang termasuk Cold Pressing  adalah  isostatic pressing and explosive forming. Hot Pressing melibatkan pemanasan powder sampai suhu diatas suhu rekristalisasi logam selama proses penekanan.Komponen yang dihasilkan memiliki densitas yang tinggi dan dimensi yang akurat.Proses ini diselesaikan dalam pengurangan udara atau vakum untuk mengurangi resiko oksida logam.Proses ini dilakukan dengan tekanan dibawah 30 N.mm-2 .Setelah melewati tahap pembentukan gear,akan dilanjutkan dengan proses sintering yaitu heat – treated untuk meningkatkan kekuatannya.

d.      Injection Molding
Metode ini digunakan untuk membuat nonmetallic gear dalam variasi thermoplastics seperti nylon dan acetal.Metode ini memiliki presisi gear yang rendah dalam ukuran kecil tetapi berbiaya rendah dan kemampuan bekerja tanpa pelumas saat light load.Siklus dimulai ketika mold ( cetakan ) ditutup,diikuti dengan injeksi polimer kedalam rongga cetakan.Setelah rongga terisi ,tekanan holding dipertahankan untuk mengkompensasi penyusutan materi.Kemudian,sekrup berubah,bersiap untuk penembakan berikutnya ke depan sekrup sehingga menyebabkan sekrup menarik kembali untuk persiapan tembakan berikutnya.Setelah bagian cukup dingin,cetakan terbuka dan gear dapat dikeluarkan.
Jenis – jenis injection molding sebagai berikut:
§  Co-injection (sandwich) molding
§  Fusible (lost, soluble) core injection molding
§  Gas-assisted injection molding
§  In-mold decoration and in mold lamination
§  Injection-compression molding
§  Insert and outsert molding
§  Lamellar (microlayer) injection molding
§  Low-pressure injection molding
§  Microinjection molding
§  Microcellular molding
§  Multicomponent injection molding
§  Multiple live-feed injection molding
§  Powder injection molding
§  Push-Pull injection molding
§  Reaction injection molding
§  Resin transfer molding
§  Rheomolding
§  Structural foam injection molding
§  Structural reaction injection molding
§  Thin-wall molding
§  Vibration gas injection molding
§  Water assisted injection molding
§  Rubber injection
e.      Extruding
extruding
Metode ini digunakan untuk membuat teeth gear pada batang panjang yang kemudian dipotong sesuai kebutuhan dan di machining untuk lubang ,keyways dan lain - lain.Material nonferrous seperti alumunium dan tembaga umumnya di extrude daripada baja.

f.        Cold Drawing
cold drawing
Metode membentuk teeth gear pada batang baja dengan menarik batang tersebut melalui dadu pengerasan.Cold working meningkatkan kekuatan dan mengurangi keuletan.Kemudian batang akan dipotong sesuai kebutuhan.
g.       Stamping
Lembaran logam di cap dengan bentuk gerigi.metode ini memiliki presisi yang rendah,biaya rendah dan jumlah produksi yang tinggi tetapi permukaan akhir dan akurasi yang buruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar