5 Sep 2009

Kehidupan Ikan Salmon

Ikan salmon betina yang sudah dibuahi dan siap bertelur bermigrasi dari laut kembali lagi ke hulu sungai di mana dulu ditetaskan. Perjalanan induk ikan salmon tersebut sangat menguras tenaga karena harus melawan arus sungai yang menurun diakibatkan kedudukan sungai lebih tinggi daripada laut. Lompatan-lompatan itu kerap kali gagal untuk mencapai atas tangga sungai dan belum lagi telah menanti beruang atau pemangsa lapar lainnya yang tanpa susah payah memangsanya, serta harus melewati sungai yang semakin dangkal. Hanya sebagian kecil induk salmon yang berhasil mencapai hulu sungai dan bertelur, kemudian mati.

Perjalanan di mulai dengan bantuan alat navigasi yang berada di otak ikan salmon.Ikan salmon bermigrasi dalam jumlah yang banyak,agar kemungkinan induk ikan salmon banyak yang mencapai hulu sungai kelahiran mereka.Rintangan pertama adalah ikan hiu,mereka memakan ikan salmon saat masih di laut.Tidak sedikit ikan salmon yang di makan oleh ikan hiu.Mereka berenang menuju muara sungai.Ikan salmon dapat mengetahui sungai kelahiran mereka karena setiap sungai memilki aroma yang khas.Ikan salmon menuju muara sungai yang di tuju.Mereka sudah di hadang oleh beruang dan burung yang lapar di muara sungai.Mereka berenang melewati muara sungai saat laut pasang.

Rintangan ketiga adalah tangga sungai dan beruang.Ikan salmon dapat melompat setinggi 3 meter di atas air.Inilah yang membuat ikan salmon dapat melewati tangga sungai.Sebelum melewati itu,ikan salmon beristirahat di sungai yang tenang untuk mengumpulkan energi.Mereka melewati tangga sungai saat malam hari,tetapi beruang grizzly dan burung sudah menghadang mereka.Ikan salmon yang kelelahan biasanya tertangkap oleh pemangsa tersebut.Setelah melewati tangga sungai,jumlah ikan salmon tidak banyak.Ikan salmon berenang terus ke arah hulu sungai.

Ikan betina akan membuat zona tekanan rendah di batuan kerikil dengan ekornya untuk meletakan telurnya.Pejantan akan datang dan membuahi sel telur tersebut.Setelah melakukan reproduksi,ikan salmon akan mati dan bangkainya akan menutupi zona telur tersebut.

Ikan Salmon termasuk dalam r selected karena bereproduksi banyak,kematian tinggi,berukuran kecil,tidak ada pemeliharaan anak setelah menetas,umur pendek,dan bereproduksi satu kali.

Kingdom:

Animalia

Phylum:

Chordata

Class:

Actinopterygii

Order:

Salmoniformes

Family:

Salmonidae

Genus:

Salmo

Species:

S. salar

1 komentar: