1 Jan 2011

Sel saraf

Akhirnya saya bisa menulis lagi,semoga tahun baru ini bisa memberikan semangat yang baru bagi saya untuk berbagi artikel yang berguna ....amin
Pada postingan kali ini, kita akan membahas tentang sel saraf yang memiliki fungsi yang penting di dalam organisme.langsung saja.


Sistem saraf disusun oleh banyak sel saraf yang memiliki bentuk variatif.Sistem ini terdiri atas saraf pusat dan sistem saraf tepi.Sistem saraf membuat organisme tanggap terhadap rangsangan yang terjadi dari lingkungannya.
Neuron atau sel saraf berguna mengirimkan impuls yang berupa tanggapan atau rangsangan.Dalam menanggapi rangsangan ( impuls ),terdapat tiga komponen yang penting di miliki oleh sel saraf antara lain :

  • Reseptor yaitu bagian penerima rangsangan ( impuls ).Organ indera merupakan reseptor di tubuh kita.
  • penghantar rangsangan dapat dilakukan oleh berkas penghubung ( akson ) yang memiliki sel - sel khusus.
  • Efektor merupakan bagian untuk menanggapi rangsangan yang diantarkan oleh akson.Otot dan kalenjar merupakan efektor yang penting bagi manusia.
Setiap sel saraf terdiri atas badan sel,dendrit dan akson.penjelasannya sebagai berikut :

  • Badan sel adalah bagian paling besar dalam sel saraf.Badan sel berfungsi untuk menerima impuls atau rangsangan dari dendrit ke akson.Di dalam badan sel terdapat sitoplasma,inti sel,sentrosom,mitokondria , badan golgi , badan nisel dan lisosom.badan nisel adalah kumpulan RE ( retikulum endoplasma ) tempat transportasi protein.untuk selengkapnya silahkan baca postingan ini.
  • Dendrit merupakan serabut saraf pendek dan bercabang - cabang.Dendrit berfungsi mengantarkan dan menerima rangsangan ke badan sel.
  • Akson atau neurit merupakan serab ut saraf panjang hasil perjuluran sitoplasma badan sel.didalamnya terdapat benang - benang halus disebut neurofibril.neurofibril berfungsi mempercepat jalannya rangsang an.Selaput mielin yang membungku s neurofibril di bungkus oleh sel - sel sach wan .Sel sachwa n membentuk jaringan dapat memb antu pembentukan neurit dan menyediakan makanan bagi neurit.bagian yang tidak di bungkus lapisan mielin di sebut nodus ranvier yang berfungsi untuk mempercepat jalannya rangsangan.

Terdapat tiga jenis sel saraf berdasarkan struktur dan fungsinya,antara lain :
  1. Sel saraf sensorik merupakan sel saraf yang menerima impuls dari reseptor.
  2. sel saraf motorik merupakan sel saraf yang mengantarkan impuls atau rangsangan ke efektor ( biasanya otot atau kalenjar).Impuls berasal dari sum - sum tulang belakang atau otak.
  3. sel saraf penghubung ( sel saraf intermediet ) merupakan sel saraf yang menghubungkan sel saraf dengan sel saraf yang lain.sel saraf penghubung banyak terdapat di sum - sum tulang belakang.


Sel saraf saling terhubung dan hubungan ini disebut sinapsis.Sinapsis terletak di antara neurit dan dendrit.Sinapsis berbentuk seperti kantong yang berisi zat kimia seperti enzim kolinesterase dan asetilkolin ( Ach ).Zat - z at ini berfungsi untuk mentransfer rangsangan atau impuls pada sinapsis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar