31 Des 2010

Dioda



Sebelum anda membaca postingan ini,silahkan anda membaca postingan saya yang lain tentang resistor,transistor dan aljabar bollean .....beberapa postingan di atas semoga dapat memberikan manfaat.amin

Dioda merupakan komponen elektronika yang terdiri dari dua bahan p - n . Dioda secara umum adalah sebagai penyearah,tetapi juga dapat sebagai filter capacitor,half wave rectifier,full wave rectifier dll.Dioda memiliki dua kutub yaitu anoda ( bahan p ) dan katoda ( bahan n ).

Fungsi dioda tergantung pada polaritas tegangan yang mengalir kepadanya.Dioda dapat berfungsi sebagai saklar tertutup jika anoda diberikan tegangan positif dan katoda diberi tegangan negatif.Jika diberikan sebaliknya,dioda berfungsi sebagai saklar terbuka.

Pada dunia nyata,dioda membutuhkan tegangan yang lebih besar dari 0,7 volt pada kutub anoda terhadap kutub katoda untuk bisa menghantarkan aliran listrik.tegangan tersebut dikenal Tegangan Barrier ( halangan ).tegangan tersebut tergantung dari jenis bahan yang digunakan jika bahan tersebut terbuat dari silikon maka 0,7 volt,tetapi jika bahan germanium 0,3 volt.

Dalam dioda terdapat Reverse bias dan Forward Bias.Penjelasan sebagai berikut :











1.Reverse bias
  • Terminal negatif battery menarik hole di daerah P menjauhi PN junction
  • Terminal positif battery menarik elektron menjauhi PN junction
  • Saat Hole dan elektron menjauhi junction,makin banyak ion positif terbentuk daerah N dan makin banyak ion negatif terbentuk di daerah P sehingga daerah depletion melebar.
  • Lapisan Depletion melebar sampai perbedaan potensial diantaranya sama dengan external bias voltage.Pada keadaan ini elektron dan hole berhenti bergeerak menjauhi junction dan arus berhenti mengalir.
2.Forward Bias
  • Terminal negatif dari battery mendorong elektron di daerah N maju mendekati junction.
  • Sementara itu,terminal positif battery mendorong hole di daerah P mendekati junction.
  • Sumber tegangan external memberikan energi bagi elektron di daerah N untuk meleati junction dan mengisi hole yang ada di seberangnya.
  • Bila sebagian e;ektron berpindah ke daerah P , elektron lain dari battery akan masuk daerah N.
  • Bila elektron mengisi hole di daerah P maka ia menjadi elektron valensi,yang selanjutnya akan berpindah dai satu lubang ke lubang ke lubang yang berikutnya menjauhi junction.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar